Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Dairi , St.Dr.(Can)RM Sinaga SH.MH dan Barita Sihite S.Sos.M.Ap Mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak

Harianteks.com | DAIRI- Bagi seluruh umat Buddha di Indonesia, tanggal 23 Mei adalah Hari Raya Waisak 2568 BE.

Bakal calon Bupati Dairi St.Dr.(Can)RM Sinaga SH.MH periode tahun2024 -2029 ,mengatakan Indonesia adalah negara keberagaman.

Bacaan Lainnya

Advertisement

“Selamat Merayakan Hari Raya Waisak Tahun 2024” St.Dr.(Can)RM Sinaga SH.MH

Tiada perlindungan yang aman di dunia ini, kecuali dhamma (aturan) yang dipraktekkan dengan ketulusan hati

Bakal Calon Bupati Dairi &Wakil Bupati 2024-2029 St.Dr.(Can)RM Sinaga SH.MH &Barita Sihite S.Sos.M.Ap Mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak

Hari Waisak dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka.

Nama ini diambil dari bahasa Pali “Wesakha”, yang pada gilirannya juga terkait dengan “Waishakha” dari bahasa Sanskerta.Di beberapa tempat disebut juga sebagai “hari Buddha”.

Dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting, yaitu lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodh Gaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 S.M dan Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 544 S.M.

Tiga peristiwa ini dinamakan “Trisuci Waisak”.

Editor : Abdul
Reporter : Satria

W3.CSS

Advertistment


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *