Korem 182/JO Melaksanakan Pelatihan Operasi Bantuan Penangguhan Bencana Alam di Teluk Bintuni

Korem 182/JO Melaksanakan Pelatihan Operasi Bantuan Penangguhan Bencana Alam di Teluk Bintuni

HarianTeks.com | TELUK BINTUNI_ Korem 182/JO Melaksanakan Pelatihan Operasi Bantuan Penanggung Bencana Alam Banjir bertempat di Halaman Kantor Bupati Teluk Bintuni, selama 3 hari , yang dimulai dari Selasa tanggal 11-14 Juni 2024.

Apel Gelar Pasukan dipimpin Langsung Komandan Korem182/JO , Kolonel Infantri Aswan Kartawijaya

Bacaan Lainnya

Advertisement

Turut hadir Pangdam XVIII Kasuari yang di wakili Oleh Kesdam , Brigjen TNI Yusuf Ragalnaga selaku Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat), Kolonel Inf Slamet,S.Sos.,M.Han,Wadanlat.

Danrem 182/JO kolonel Inf Aswin Kartawijaya selaku Dansatgas PB 182/JO.

Apel gelar pasukan dipimpin komandan Korem 182/Jazira Onim Kol infantri Aswin Kartawijaya. Diikuti aparat TNI, Polri, PMI, BPBD, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Tagana, SAR, Dinas Sosial, dan Kominfo

Sekertaris Daerah Teluk Bintuni Frans Awak mengapresiasi giat ini mengingat Teluk Bintuni akhir-akhir ini sering terjadi bencana banjir. “Memang kita punya wilayah ada beberapa titik yang rawan bencana kami memberikan apresiasi pada pihak TNI

Total peserta yang ikut dalam kegiatan ini lebih dari 100 orang, terdiri dari Kodam XIII dan rindam 25 orang, Korem 182/Jazira Onim 25 orang, pasukan 100 yang terdiri dari unsur PMI, BPBD, Pemda dan pihak terkait lainya.

Danrem 187/JO Kolonel Inf Aswin Kartawijaya kepada HarianTeks com melalui telepon seluler, Rabu,12/6/2024 mengatakan Urgensi atau maksud dan tujuan dari latihan ini , untuk meningkatkan kemampuan Danrem dan staf Korem 182/JO dalam mengaplikasikan proses pengambilan keputusan Militer dan dalam merencanakan Operasi Bantuan Penanggulangan Bencana Alam Dan Meningkatkan Sinergitas, Sinkronisasi Antar Forkopimda serta stakeholder terkait dengan pengembangan bencana Alam.

Lanjutnya,Dilakukan pelatihan di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni salah satu daerah rawan banjir, dikarenakan baru baru ini di wilayah kabupaten Teluk Bintuni yaitu di Distrik Yakora dan di Distrik Tebuni dilanda bencana alam banjir yaitu sekitaran di bulan April, sehingga belajar dari kejadian tersebut Kami TNI Hadir menyelenggarakan latihan ini , sehingga apabila terjadi bencana alam banjir maka TNI,Polri ,Pemdah dan segenap stakeholder dapat bertindak sesuai fungsinya
Karena latihan ini di aplikasikan menyerupai medan sebenarnya.

Kolonel Inf Aswin Kartawijaya juga mengatakan, Pimpinan TNI AD khusus Kodam Kasuari melihat bahwa wilayah Papua Barat Daya juga yaitu Diwilayah Kota Sorong dilakukan gelar latihan penanggulangan bencana alam banjir.

Dan juga Korem 181/JO PVT di Sorong mengelar latihan tersebut, Latihan ini Rindam Kasuari dan Kodam Kasuari sebagai pelatihan dengan personil sebanyak 25 orang, sedangkan peserta latihan dari Korem 182/JO sebanyak 25 orang dan ditambah unsur Forkopimda Kabupaten Teluk Bintuni sendiri,”ujarnya

Kolonel Inf Aswin Kartawijaya , menekankan bahwa Korem merupakan Komando pelaksana Kodam yang memiliki tanggung jawab ada enam wilayah kabupaten kota ,salah satunya di Teluk Bintuni, dalam keterangannya melalui telepon seluler.(*)

Editor: Abdul
Reporter: Iskandar

W3.CSS

Advertistment


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *