Pemerintah kabupaten Kerinci Melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Menggelar Gerakan Pangan Murah

Harianteks.com | KERINCI _ Dalam upaya menjaga pasokan dan ketersediaan harga pangan jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, menggelar Gerakan Pangan Murah dan Operasi Pasar yang dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Kerinci Asraf bersama Bulog Kerinci yang melakukan pemantauan langsung harga pangan pokok di Balai Hiang, pada Kamis, 13 Juni 2024.

Langkah ini diambil untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok baik di tingkat produsen maupun konsumen. Selain itu, kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok bagi masyarakat yang terdampak kondisi inflasi serta meminimalisir dampak gejolak kenaikan harga pangan di Kabupaten Kerinci.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan ini turut dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bulog Kerinci, Pejabat Jajaran Pemerintah Kabupaten Kerinci yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Camat, dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) wilayah Sitinjau Laut, serta melibatkan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), petani, dan peternak.

Dalam pernyataannya Pj. Bupati Asraf mengatakan bahwa pemantauan ini penting untuk memastikan bahwa masyarakat dapat merayakan Idul Adha dengan tenang tanpa kekhawatiran akan kekurangan pasokan pangan pokok. “Kami berkomitmen untuk terus memantau dan mengendalikan harga pangan agar tetap stabil, walaupun ada kenaikan tidak terlalu tinggi, sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan harga yang terjangkau,” ujar Asraf.

Pj. Bupati Asraf juga menambahkan, “Kegiatan operasi pasar dan pemantauan yang dilakukan ini agar harga pangan pokok tidak naik terlalu tinggi, sehingga dapat terjangkau dengan daya beli masyarakat, begitu pula dengan pedagang, dapat terkendali dengan baik dengan adanya perimbangan harga dari Gerakan Pangan Murah yang digelar oleh pemerintah daerah” Tambah Pj. Asraf.

Kegiatan Gerakan Pangan Murah dan pemantauan harga menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional Idul Adha 1445 H ini mendapat sambutan positif dari masyarakat yang berharap langkah tersebut dapat terus dilaksanakan secara berkala, terutama menjelang hari-hari besar keagamaan dan perayaan lain nantinya.

Pewarta : Revina
Editor : R Agus

W3.CSS

Advertistment


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *