Pormats ke -7 Kabupaten Natuna Resmi Digelar

Wakil Bupati Natuna, Rodial Huda, saat memberikan kata sambutan di acara pembukaan Pormats ke -7 Kabupaten Natuna,//Ist.

Harianteks.com – Kegiatan Pekan Orientasi Madrasah Tsanawiyah (PORMATS) yang ke 7 secara resmi di buka oleh Wakil Bupati Natuna, Rodial Huda pada Minggu pagi (05/05/2024) yang di laksanakan di Mts negeri 02, Ranai.

“Tujuan dari acara ini untuk mempererat tali silaturahmi sesama siswa Mts se – Kabupaten Natuna dan juga agar bisa menggali minat bakat siswa untuk berprestasi di bidang nya masing- masing, ” kata Kepala Mts negeri 02, Lenti Darneli ketika memberi kata sambutannya di acara pembukaan di hadapan para siswa.

Acara tersebut di ikuti sebanyak 12 peserta yang berasal dari 13 Mts yang ada di Kabupaten Natuna. Dimana 1 MTS Serasan tidak dapat ikut karena ada sesuatu hal.

“Ada 7 lomba pertandingan yang akan kita siapkan diantaranya Seni dan keagamaan. Kalau olahraga ada 4 cabang, yaitu volly, takraw, tenis meja dan futsall. Untuk keagamaan ada dua yaitu tilawah dan syahrill qur’an untuk seni nya lomba salawat, ” imbuhnya.

Masih kata dia, Pormats ini berlangsung sudah ke 7 kalinya dan dilaksanakan dua tahun sekali. Diantaranya lima pertandingan umun dan dua agamis. Sebagai Kepala Mts, pihak nya berbangga atas datangnya sebuah angin segar, sebab Mts Natuna memiliki bakat yang luar biasa dari anak didik nya untuk mewakili acara MTQ di tingkat Propinsi.

“Pelaksanaan ini berjalan selama lima hari dari terhitung mulai dari tanggal 5-9 Mei. Acara ini kami ciptakan hasil dana swadaya sendiri. Artinya madrasah tidak bisa berbuat sendiri tanpa ikut campur bantuan dari komite. Komite lah yang mengatur segalanya untuk mengumpulkan support dana tersebut, ” terangnya.

Tak lupa untuk menjunjung tinggi adat kemelayuan, akhir di kata sambutan nya, Lenti melantunkan sebuah pantun dengan berisikan”
-Jika hati ingin peroleh ketentraman.
– Pastinya kepada Allah kita sandarkan.
– Jika pak Wali Bupati ingin menambahkan dan pembinaan.
– Pasti kami terima dan itu yang kami harapkan.

Bagi para kepala sekolah dan guru guru ini akan menjadi momentum tali persaudaraan silaturahmi dan menjadi motivasi tersendiri dalam membangun semangat yang kuat guna mendidik serta berupaya menciptakan sumber daya manusia yang Qur’ani.

Hal itu di sampaikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Natuna, Rodial Huda di waktu yang bersamaan. Tentunya momentum ini tidak kalah berartinya bagi para peserta didik yang akan bertanding disini.

“Anak murid kita bisa mendapatkan peluang, mengadu ketrampilan dengan baik di bidang agama, seni dan olah raga tentunya. Dimana dalam beberapa hari ke depan keseharian rutinitas agenda pertandingan akan memberikan kesempatan untuk ananda/ murid sekalian bergaul dan dapat berkenalan kepada siswa di sekolah lain nya, ” cakap nya.

Ia berharap agar momentum ini memberikan kenangan positif untuk memperluas pertemanan sekaligus mempererat tali hubungan silaturahmi.

Untuk diketahui, Madrasah Tsanawiyah merupakan lembaga pendidikan berbasis agama Islam. Lembaga pendidikan yang di formulasikan untuk memberikan bekal sumber daya manusia (SDM) dengan materi ajaran agama Islam yang lebih dominan. Sehingga generasi mudah mendapatkan porsi informasi isi agama yang lebih banyak dibandingkan dengan lembaga pendidikan umum lainnya.

Dari persembahan tari masal dari 50 siswa. Mengiringi kata penutup, Wakil Bupati juga menyampaikan balasan pantun senada dari Kepala Mts negeri 02, dengan bernada, “

“”Kalau hari sudahlah petang.
Jangan makan tebu merah nanti sakit.
Kalau nanti acara ini meninggalkan hutang. Baru lah nanti kami tambahkan sikit – sikit””.

“”Dari lah naik darat pergi ke sual.
Banyak berjumpa orang berjalan kaki. Kalau tadi saya lihat tari masal
Macam macam mengalahkan tari MTQ””.

Acara turut dihadiri perwakilan Kementrian Agama Kabupaten Natuna beserta para guru se – Kabupaten Natuna.
(Burahullazi)

W3.CSS

Advertistment


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *