Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S.E,. M.Si Menghadiri Peringatan Hari Kartini Ke-145 Bertempat di Ruang Rapat II

Walikota Gunungsitoli Sowa'a Laoli, S.E,. M.Si Menghadiri Peringatan Hari Kartini Ke-145 Bertempat di Ruang Rapat I

Harianteks.com | GUNUNGSITOLI- Pemerintah Kota Gunungsitoli menggelar Peringatan Hari Kartini ke-145 Kota Gunungsitoli Tahun 2024 dengan tema ‘’Bangkit Semangat Berjuang, Perempuan Indonesia Hebat”, bertempat di Ruang Rapat II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Senin (29/4/2024).

Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli S.E., M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada jajaran panitia atas pelaksanaan perayaan Hari Kartini ke-145 Kota Gunungsitoli. Hal ini untuk mengenang jasa Raden Ajeng Kartini dalam mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan Indonesia pada umumnya dan kaum perempuan di Kota Gunungsitoli pada khususnya.

Bacaan Lainnya

Advertisement

“Perempuan harus bisa menjadi pelopor dan pelapor, yang mana perempuan sebagai pelopor artinya perempuan harus selalu terlibat aktif memanfaatkan waktu untuk kegiatan positif, bermanfaat dan mampu menginspirasi kaum perempuan lainnya, sekaligus mampu sebagai teladan bagi masyarakat sekitarnya. Sedangkan, perempuan sebagai pelapor artinya perempuan mampu dan aktif dalam menyampaikan pendapat dan pandangan ketika mengalami, melihat, atau merasakan kekerasan yang dialaminya dan begitu juga yang dialami perempuan di sekitarnya,” kata Wali Kota.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Gunungsitoli mengukuhkan Forum Anak Kota Gunungsitoli (Fakoli) masa bhakti 2024-2026. Fakoli merupakan salah satu wadah untuk generasi penerus yang bertujuan untuk memenuhi hak anak agar dapat berperan serta dalam pembangunan sesuai dengan umur kematanganya, sekaligus mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Harapan saya, Forum Anak Kota Gunungsitoli dapat berkontribusi dalam pembangunan Kota Gunungsitoli untuk menyampaikan suara anak Kota Gunungsitoli kepada Pemerintah. Anak Kota Gunungsitoli adalah anak Indonesia yang siap menjadi pelopor dan pelapor,” tandas Wali Kota.

Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli Ny. Veny Sowa’a Laoli dalam laporan panitia menyampaikan bahwa Kartini-kartini zaman sekarang harus membuktikan kepada dunia bahwa perempuan mampu meneruskan apa yang sudah dirintis oleh Kartini sejati sebelumnya, khususnya untuk menjadi perempuan hebat dan punya semangat juang di segala aspek. “Marilah kita tingkatkan partisipasi kita terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita sejati Kartini segera dapat tercapai,” pungkas Ny. Veny Sowa’a Laoli.

Berbagai kegiatan lomba menyemarakkan Peringatan Hari Kartini tahun ini, antara lain: Lomba Yel-yel Perempuan Hebat yang diikuti 12 Organisasi Perempuan se-Kota Gunungsitoli, Lomba Fashion show Kartini antar Organisasi Perempuan se-Kota Gunungsitoli, diikuti sebanyak 28 Organisasi, dan diakhiri Acara Lucky Draw dengan hadiah utama kompor gas 2 tungku.

Hadir, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Gunungsitoli, Ketua Dharmayukti Karini Gunungsitoli, Ketua Persit KCK Kodim 0213/ Nias (mewakili), Ketua Bhayangkari Cabang Nias (mewakili), Ketua Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Daerah Gunungsitoli, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Gunungsitoli, Ketua Pimpinan Daerah Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI) Kota Gunungsitoli, Ketua Fatayat Nahdatul Ulama Kota Gunungsitoli (mewakili), Ketua Dewan Pengurus Osseda Kota Gunungsitoli (mewakili), Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kota Gunungsitoli, dan hadirin lainnya.

Editor : Abdul
Reporter : (Deni Zega)

W3.CSS

Advertistment


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *